Tuesday, December 22, 2009

Konfigurasi IP gateway antar client-server



Dalam posting kali ini saya akan membahas bagaimana mengkonfigurasikan PC Client dengan Server menggunakan IP gateway yang nantinya dapat terhubung ke internet. Dalam kesempatan kali ini saya menggunakan software Packet Tracer 4.1 untuk memudahkan dalam membuat suatu jaringan virtual. Baiklah disini saya tidak akan panjang lebar, oleh karenanya simaklah langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1 :
Buatlah rancangan jaringan anda yang ingin di konfigurasikan dengan IP gateway. Disini saya akan mengambil contoh pada gambar diatas.

Langkah 2 :
Pada langkah ini kita akan mengkonfigurasikan server. Aktifkanlah service HTTP dan DNS.




Kemudian isi Domain Name dan IP Addressnya :


Dan jangan lupa kofigurasikan IP pada server anda :


Langkah 3:

Pada langkah ini setting-lah pada setiap PC Clientnya, seperti di bawah ini :


Untuk IP Address harus memiliki nilai yang unique pada host-Idnya(1 oktet terakhir). Sedangkan pada default gateway-nya disesuaikan dengan IP Address servernya.

Langkah4:

Untuk menguji berhasil tidaknya IP Gateway yang kita buat tadi, coba kita test dengan menggunakan Web Browser pada setiap PC Client. Kemudian isi pada URL-nya dengan IP Address server atau Domain Name. Jika berhasil akan tampil seperti ini (pada Packet tracer) :




Dari hasil yang didapatkan dijelaskan bahwa selain menggunakan Domain Name juga dapat menggunakan IP Address servernya langsung dengan tujuan yang sama. Tapi bagaimana bila hanya yang diketahui Domain Name-nya saja dan IP Address servernya kita tidak tahu ? caranya dengan menggunakan perintah ‘Ping’ yang akan dibahas pada posting selanjutnya….he..he…he….:).

No comments:

Post a Comment