Tuesday, February 9, 2010

Joomla! Gudangnya Fitur & Plugin


Sebelum menguak lebih jauh tentang Joomla! ada baiknya kita mengenal apa itu CMS? dan apa hubungannya CMS dengan Joomla?.

Istilah CMS(Content Management System) atau dalam bahasa indonesianya ialah 'Sistem manajemen Konten' sebenarnya tidak hanya mengacu pada pengelolaan kontent web, namun secara umum adalah software untuk mengelola konten dalam arti luas, baik itu dokumen, film, gambar, data ilmiah, dan sebagainya.

Adapun Joomla! merupakan salah satu Jenis CMS Portal, yaitu merupakan CMS yang digunakan untuk membangun halaman portal atau halaman web yang berisi informasi. Kekuatan dari CMS Portal ditekankan pada kemampuan dan kekayaan fitur untuk mengelola konten.

Joomla! dikategorikan sebagai portal untuk menangani berbagai macam konten, mulai dari teks sederhana, foto, musik, video, ataupun dokumen. Seperti yang ditulis dalam situs resminya, keuntungan utama dalam menggunakan CMS (Joomla!) adalah bahwa anda dapat mengelola semua konten tersebut dalam bentuk web, dengan nyaris tanpa memerlukan keterampilan teknis maupun pengetahuan dalam pemrograman web.Beberapa aplikasi nyata dari apa yang bisa Joomla! kelola adalah situs web korporat / poratl, majalah, koran atau publikasi online, e-commerce,situs web untuk skala bisnis kecil, situs untuk organisasinon-profit, hompage pribadi atau keluarga.

Dengan dukungan pengembang di seuruh dunia, saat ini Joomla! mempunyai lebih dari 3000 extensions (atau plugins), modul serta komponen yang membuat web standar Joomla! mempunyai tambahan fungsi, seperti melakukan backup website, menerjemahkan konten, menampilkan kalender, menambahkan kode Google Adsense, dan sebagainya.

Adapun bagi anda yang ingin mencobanya silahkan langsung kunjungi situs resminya di Joomla.org atau langsung diunduh di sini.

2 comments:

  1. joomla menurut saya susah... daridulu ribet bgt mau belajar joomla :(

    ReplyDelete
  2. ya.. klo mo blajar sih dari konsepnya aja dulu atau kan banyak ebook2 yang gratis bwt blajar joomla. Coba aja dulu....

    ReplyDelete